Hari-Hari Terakhir bersama Gus Dur

Rp89.000

Kiprah Pak Bondan di Fordem sangat berpengaruh sebab dia memiliki pandangan yang tajam, seimbang, dan sehat mengenai demokrasi yang harus diimplementasikan di Indonesia. Dia peka terhadap deviasi-deviasi kepicikan seakan-akan antara agama dan kebangsaan harus memilih.
– Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno, S.J. Guru Besar Filsafat STF Driyarkara Jakarta

Sebagai perintis, nasib Fordem memang seperti semua perintis, akan mati, atau dilupakan setelah yang diperjuangkantercapai. Bondan sempat sebentar “mencicipi” masuk ke dalam pemerintahan; tetapi segera dihajar kiri kanan, lalu tersingkir. Nasib perintis memang hanya berada di kawasan tandus, saat tanaman lain belum ada. Dalam kaitan dengan demokrasi, keterbukaan, dan penghargaan terhadap HAM, Bondan dan Gus Dur punya andil sangat besar, dimulai pada saat merintis gerakan melalui Fordem.
– F. Rahardi Penyair

 

Clear

SKU: KOIDRTLPBKBKU13780000 Categories: , , Tags: , , , , , ,

Description

Fordem berjibaku menentang arus besar penyeragaman berpikir, yang secara masif diterapkan sebagai sarana depolitisasi pada zaman Orde Baru. Selain mengoreksi praktik pemerintahan Soeharto, Fordem juga merintis dan mendorong kebebasan dan keberanian berpikir, berserikat, berkumpul, serta mengemukakan dan mengekspresikan pendapat di Indonesia.

Buku tuturan Bondan Gunawan ini membantu merekonstruksi ulang banyak hal di sekitar Era Reformasi dan sosok besar Gus Dur, terutama perjuangan mereka menegakkan demokrasi, keter bukaan, dan penghargaan hak asasi. Bondan termasuk aktivis yang sempat berhasil mencapai pusat kekuasaan, meski hanya sebentar lalu tersingkir. Tapi, hidupnya tetap biasa-biasa saja. Dia tak banyak omong dan tak terlalu populer jadi langganan media. Itulah sebabnya dalam buku ini kita bisa memperoleh informasi, yang sebelumnya tak pernah diketahui publik.

Additional information

Weight 0.5 kg
Dimensions 23 × 15 cm
ISBN

978-602-412-430-4

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

Bondan Gunawan

Tanggal Terbit

2018

Jumlah Halaman

347

Ukuran

23 x 15 cm