JELAJAH JIWA, HAPUS STIGMA – Autopsi Psikologis Bunuh Diri Dua Pelukis

Rp85.000

INI AJAKAN UNTUK KITA SADAR, bunuh diri itu persoalan kita semua.

Bukan tujuan yang muluk-muluk, tetapi yang terpenting, pada penghujung buku ini kita sepakati bersama bahwa bunuh diri dapat dicegah.

Namun, bagaimana cara mencegahnya jika kita tidak mengetahui apakah seseorang berpotensi melakukan bunuh diri atau tidak? Dari sinilah kisah tragis dua mendiang pelukis muda ini menjadi awal pengetahuan kita tentang isu bunuh diri.

Semoga ada semacam pencerahan tentang betapa luas dan dalam pikiran, perasaan, dan perilaku manusia. Hampir-hampir menjadi misteri yang tak bertepi. Semoga pula dari pustaka inilah kita belajar memahaminya dalam konteks perilaku bunuh diri.

 

Untuk melakukan pembelian, silahkan login.

SKU: KOIDRTLPBKBKU21300000 Categories: , Tags: , , , , ,

Description

INI AJAKAN UNTUK KITA SADAR, bunuh diri itu persoalan kita semua. Bukan tujuan yang muluk-muluk, tetapi yang terpenting, pada penghujung buku ini kita sepakati bersama bahwa bunuh diri dapat dicegah. Namun, bagaimana cara mencegahnya jika kita tidak mengetahui apakah seseorang berpotensi melakukan bunuh diri atau tidak? Dari sinilah kisah tragis dua mendiang pelukis muda ini menjadi awal pengetahuan kita tentang isu bunuh diri. Bunuh diri dapat mewariskan penyesalan tak berkesudahan bagi keluarga yang ditinggalkan. Ada sebuah rasa penasaran tentang apa penyebabnya dan kegalauan bahwa sesungguhnya mereka ternyata tidak pernah benar-benar mengenal sosok sang mendiang. Sangat mungkin juga keluarga tidak bisa menerima kenyataan. Dan, kondisi tidak berdamai dengan realita ini akan berdampak toksik bagi keberlangsungan keluarga pasca ditinggal bunuh diri.

 

Nova Riyanti Yusuf mengharapkan penelitiannya yang dibukukan ini mampu memberikan narasi tentang bunuh diri sebagai proses kompleks nan personal bagi setiap individu. Tentunya, tanpa menyudutkan siapapun. Apalagi, seperti yang terjadi selama ini, banyak dikotomi (ketika menilai suatu kasus bunuh diri) yang dilakukan oleh manusia sombong yang berani mencap manusia lain sebagai benar atau salah; suci atau kotor. Nova justru mengajak pembaca melihat manusia sebagai sebuah unit rumit, yang sesungguhnya dapat dipahami asalkan kita bersedia, mau bersabar, dan senantiasa berlandaskan kemanusiaan.

 

Semoga ada semacam pencerahan tentang betapa luas dan dalam pikiran, perasaan,
dan perilaku manusia. Hampir-hampir menjadi misteri yang tak bertepi. Semoga pula dari
pustaka inilah kita belajar memahaminya dalam konteks perilaku bunuh diri.

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 15 × 23 × 3 cm
Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

Nova Riyanti Yusuf

Bentuk

Cetak

ISBN

9786232413139