KAWASAN EKONOMI-Keberadaan, Peluang, dan Tantangan

Rp125.000

Indonesia memiliki keunggulan, baik faktor geoekonomi maupun geostrategi, sebagai modal dasar untuk mengembangkan kekuatan ekonomi melalui pengembangan Kawasan Ekonomi. Harapannya, dapat menjadi sarana strategis untuk mendorong kegiatan industri pengolahan, logistik, pariwisata, mineral tambang, digital, dan kegiatan ekonomi lainnya. Pengembangan Kawasan Ekonomi di Indonesia lalu dikonsepkan melalui pendekatan sektor unggulan dan potensi suatu wilayah tertentu guna mempercepat pembangunan dan menjadi penggerak utama (prime mover) bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Keterpaduan antara potensi daerah dan dukungan pemerintah daerah dengan masyarakat untuk kemudahan berusaha, penyediaan infrastruktur dan utilitas, serta kemudahan akses pasar, dapat memberikan dampak pertumbuhan pada suatu wilayah.

Untuk melakukan pembelian, silahkan login.

SKU: KOIDRTLPBKBKU36800000 Categories: , ,

Description

Sejak 2020, pandemi Covid-19 terus mendera dan berdampak pada perekonomian nasional. Tahun 2022 diproyeksikan sebagai tahun pemulihan ekonomi oleh Bappenas. Strategi pembangunannya mencakup beberapa hal, seperti meningkatkan nilai tambah sektor industri, mempercepat pemulihan dan pertumbuhan sektor pariwisata, meningkatkan pemerataan infrastruktur dan kualitas layanan digital, serta meningkatkan kualitas SDM yang inovatif. Salah satu upaya peningkatan nilai tambah sektor industri dilaksanakan melalui pengembangan Kawasan Ekonomi.

Dalam buku ini, penulis memusatkan perhatian pada keberadaan Kawasan-kawasan Ekonomi di Indonesia dan menyampaikan konsep pengembangannya di masa mendatang dengan berbagai peluang dan tantangannya dalam persaingan global. Penulis memadukan antara pengalamannya selama hampir 30 tahun di sektor pengembangan Kawasan Ekonomi dan realitas tuntutan pasar. Beberapa pengembangan Kawasan Ekonomi yang ada di beberapa negara turut diulas agar dapat dijadikan referensi bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Indonesia yang berdaya saing.

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 17.5 × 25 × 3 cm
Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

Sanny Iskandar

Tanggal Terbit

2021

Jumlah Halaman

264

Ukuran

17.5 x 25 cm

Bentuk

Cetak

Reviews

There are no reviews yet.

Only logged in customers who have purchased this product may leave a review.