Kelas Cerpen Kompas 2018 – Hujan Klise

Rp49.000

Sejak tahun 2012, Kompas telah menggagas kelas menulis cerpen. Melalui lokakarya ini diharapkan lahir para pencerita muda berbakat. Biarpun menulis cerpen sifatnya personal, tetapi ada sudut tertentu bisa diajarkan tentang penulisan.

Clear

Description

Kelas Cerpen Kompas sesungguhnya tak sekadar menyiapkan regenerasi para penulis, tetapi lebih dari itu menjadikan dunia kreatif sebagai wahana penghayatan terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Sesudahnya diharapkan memunculkan semacam empati yang berujung pada sensitivitas dalam melihat seluruh kenyataan. Selain didasari keinginan untuk berbagi kepada publik pembaca, para penulis cerpen juga diharapkan menerima “penyucian batin” untuk terus-menerus merawat sisi-sisi kemanusiaan kita.

Kehadiran buku Hujan Klise setidaknya menjadi penanda bahwa fiksi selalu merupakan interpretasi bebas dari realitas. Justru karena ia bebas melakukan tafsir itulah, belakangan fiksi seolah-olah menjadi “kebenaran” pertama-tama tempat kita bersandar, di tengah lautan hoaks yang menyerbu kehidupan kita. Realitas yang kita hadapi adalah realitas salinan alias klise, dari kenyataan yang dipalsukan. Dan kepalsuan itu hampir selalu dialirkan dari media sosial, sehingga begitu mudah menjadi viral, lalu memengaruhi perilaku. Jadi saya menyebutnya sebagai “hujan klise”, penyalinan secara membabi-buta terhadap kepalsuan realitas.

Additional information

Weight 0.2 kg
Dimensions 21 × 14 cm
ISBN

978-602-412-763-3

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

Cerpenis Kompas

Tanggal Terbit

2019

Jumlah Halaman

152

Ukuran

14 x 21 cm

You may also like…