Kepulauan Anambas Surga Bawah Laut di Garda Terdepan

Rp90.000

Buku yang berjudul Kepulauan Anambas Surga Bawah Laut di Garda Terdepan ini merupakan seri pertama dari 10 Kawasan Konservasi Perairan Nasional yang ada di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat melengkapi dan memperkaya khazanah pengetahuan kita tentang keanekaragaman hayati laut yang harus kita jaga dan kelola dengan baik

 

Clear

Description

Kepulauan Anambas merupakan sebuah kabupaten terluar yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan. Kawasan perairan Kepulauan Anambas menyimpan berbagai potensi hayati yang sangat tinggi dan beragam di antaranya luasan terumbu karang 3.705,84 hektar, terdiri dari 339 spesies karang yang menjadi rumah bagi 407 spesies ikan laut dari 10 famili. Untuk melindungi keberlanjutan kekayaan potensi hayati yang sangat tinggi, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berkolaborasi untuk menetapkan sebagian besar wilayah perairan Anambas menjadi sebuah Konservasi Perairan Nasional (KKPN). Kini kawasan ini telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No. 37/KEPMENKP/2014 tentang Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kepulauan Anambas dan Laut Sekitarnya di Provinsi Kepulauan Riau melalui atau lebih dikenal dengan Taman Wisata Perairan(TWP) Kepulauan Anambas.

Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Nasioanal yang ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersifat zonasi yang memberikan peluang kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan kawasan tersebut secara arif dan berkelanjutan. Dengan luasan yang mencapai 1.262.686 hektar dan potensi perairan yang sangat tinggi, tentu saja sangat mudah mencari spot potensi pariwisata perairan pantai dan bawah air. Terumbu karang yang masih terjaga dan kerapatan yang sangat tinggi memanjakan para penikmat surga bawah laut, sehingga layak rasanya Kepulauan Anambas mendapat julukan sebagai salah satu surga bawah laut di garda terdepan.

 

 

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 23 × 15 cm
ISBN

978-979-709-958-9

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan

Tanggal Terbit

2015

Jumlah Halaman

168

Ukuran

23 x 15 cm