Laporan Jurnalistik Kompas – Ekspedisi Teh Nusantara

Rp99.000

Sejarah ketenaran teh Nusantara di dunia menjadi salah satu pelecut petani dan pegiat teh Indonesia untuk bangkit. Pada tingkat petani, mereka mulai berkonsolidasi dan membangun jaringan secara mandiri untuk mengurangi tekanan tengkulak. Geliat ini perlu terus ditabuh agar muncul gerakan memuliakan teh. Ketika teh bergairah dan menjadi gaya hidup, yang sejahtera bukan saja orang kota, melainkan juga para petani teh di desa.

Untuk melakukan pembelian, silahkan login.

Description

Kondisi teh Nusantara berada di jurang kemerosotan. Para pegiat teh, terutama teh rakyat, tengah mencoba bangkit. Mereka yakin teh Nusantara menyimpan kekuatan besar untuk mengulang kejayaannya. Itulah beberapa temuan Kompas selama Ekspedisi Teh Nusantara menyusuri Jawa dan Sumatera yang berlangsung pada pertengahan Juni sampai awal Agustus 2019.

Peliputan panjang ini berepisentrum pada teh. Namun, tidak hanya melihat teh sebagai bahan minuman, Tim Ekspedisi Teh Nusantara mencoba menggali lebih jauh untuk menemukan nilai-nilai kemanusiaan dan kearifan lokal yang tumbuh dari kebun, lalu menjalar dalam masyarakat. Pada titik inilah, semakin terang bahwa teh memberi sumbangsih yang tidak kecil bagi kohesi sosial. Di tengah beragam permasalahan teh di tingkat hulu sampai hilir, tidak lantas membuat petani dan pegiat teh tunduk. Mereka secara sporadis bergerak lewat beragam lini untuk membangkitkan kembali kejayaan teh.

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 17 × 25 × 3 cm
Bentuk

Cetak

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

PT Kompas Media Nusantara

Ukuran

17 x 25 cm

Reviews

There are no reviews yet.

Only logged in customers who have purchased this product may leave a review.