MANAJEMEN BELA NEGARA – Pendekatan Modern Menjadi Bangsa yang Besar

Rp99.000

Selama ini, bela negara identik dengan kedaulatan dan keamanan. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Buruknya kondisi pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, ketahanan energi, dan pelbagai bidang lain akan sangat berdampak pada sulitnya melakukan bela negara. Artinya, semangat bela negara tidak akan membara jika
kondisi di pelbagai bidang tersebut masih rendah.

Untuk melakukan pembelian, silahkan login.

Description

Di samping itu, tantangan yang kita hadapi hari ini telah jauh berubah, tidak lagi berfokus pada kedaulatan dan keamanan fisik, kendati dua hal itu tak boleh disepelekan. Kini, bangsa kita menghadapi aneka tantangan, seperti korupsi, problem kerukunan antarwarga, soal kualitas pendidikan, kesenjangan, perang dagang, pengangguran, pertumbuhan ekonomi yang tidak optimal, hingga masalah kesehatan, terutama dengan adanya pandemi Covid-19.

Semua tantangan itu, jika tidak disikapi secara tepat, akan membahayakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk mengatasinya, tentu tidak bisa menggunakan pendekatan keamanan fisik, tetapi membutuhkan strategistrategi yang relevan. Dibutuhkan partisipasi dan peran serta segenap warga negara (tidak hanya TNI dan Polri). Partisipasi dan peran serta ini harus dilandasi dengan semangat bela negara.

Di samping itu, bela negara haruslah direncanakan, diatur strateginya, dan dilakukan dalam kerangka perspektif jangka panjang. Tujuan akhirnya agar bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan benar-benar disegani bangsa lain. Buku ini mengulas “Manajemen Bela Negara” dari perspektif yang lebih luas dan mendalam (tidak sekadar terkait kedaulatan dan keamanan), mulai konsep bela negara (guna menyamakan persepsi), aktor-aktor bela negara (bukan hanya anggota TNI dan Polri), dan beragam dampak bela negara. Disajikan dengan bahasa yang ringan, disertai ilustrasi-ilustrasi aktual, baik dari Indonesia maupun negara lain, yang bertujuan untuk mempermudah pemahaman bagi semua lapisan masyarakat. Buku ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk mulai melakukan aktivitas bela negara sesuai kapasitas masing-masing.

 

 

Additional information

Weight 300 kg
Dimensions N/A
Bentuk

Cetak

Penulis

AB Susanto

Ukuran

14 cm x 21 cm

Penerbit

Penerbit Buku Kompas