Menggalang Ketahanan Nasional

Rp89.000

KETAHANAN nasional selama ini dikupas melalui pendekatan Astagatra versi Lemhannas dengan kajian atas potensi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan. Ketahanan nasional dilihat sebagai kondisi dinamis bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan seluruh aspek kekuatan nasional dalam menghadapi dan melawan setiap bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang berasal dari dalam dan luar negeri, langsung maupun tidak langsung. Semua itu dianggap membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam upaya mencapai cita-cita dan tujuan nasional.

Clear

Description

Buku ini hadir sebagai kontribusi untuk melihat ketahanan nasional dari perspektif agak berbeda. Kajian sejarah perkembangan kebudayaan dan peradaban bangsa digunakan secara dinamis sebagai pendekatan baru melihat ketahanan nasional. Dalam kacamata ini, ketahanan nasional dilihat sebagai daya sintas suatu bangsa, yang berisi keuletan, ketangguhan, dan keunggulan yang dapat mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan, baik dari dalam maupun luar negeri, langsung maupun tidak langsung. Untuk mengupasnya, dipakailah tiga ranah utama kehidupan sosialbudaya.

Pertama, mental-spiritual, yang berisi kemauan kolektif bangsa untuk mempertahankan eksistensi dan memajukan peradaban bangsanya. Kedua, institusional-politikal, yaitu kemampuan tata kelola bangsa dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai cita-citanya dengan partisipasi aktif seluruh rakyat. Ketiga, material-teknologikal, yaitu kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan produk nilai-tambah tinggi demi kemakmuran bangsa dan kesejahteraan rakyat.

Selain mengupas konsepsi ketahanan nasional, kajian ini juga menjadi ajakan membangun kesadaran bersama sebagai warga negara yang harus berkontribusi dalam membangun ketahanan nasional. Mindset ke-Indonesia-an harus senantiasa dibangkitkan, terutama di kalangan generasi muda, guna membentuk diri menjadi warga negara unggul.

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 15 × 23 × 3 cm
ISBN

978-623-241-005-3

Jumlah Halaman

270

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

Aliansi Kebangsaan-Suluh Nuswantara Bakti

Tanggal Terbit

2019

Bentuk

Cetak