Operasi Rahasia CIA di Indonesia-Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Kini

Rp90.000

Sejak Indonesia merdeka, Amerika Serikat telah mengirimkan tim intelijennya, OSS, pendahulu CIA. Tujuannya untuk menghindarkan Indonesia jatuh ke tangan komunis. CIA berusaha menyingkirkan Soekarno dengan berbagai cara, bahkan pembunuhan. CIA mendukung lawan politik PKI dalam pemilihan umum dan menyokong pemberontakan PRRI/Permesta. Upaya CIA baru berhasil setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965.

CIA membantah terlibat dalam kudeta itu. Namun, dokumen-dokumen rahasia dan pengakuan para mantan petugasnya menunjukkan bahwa CIA jelas berperan dalam peristiwa berdarah itu, yang diikuti pembunuhan massal anggota dan simpatisan PKI. Bahkan, CIA menjadikannya sebagai model untuk menjatuhkan pemerintahanpemerintahan yang tidak disukainya, seperti di Chile.

 

Untuk melakukan pembelian, silahkan login.

Description

Buku ini juga mengungkap tentang pelatihan CIA untuk intelijen Indonesia, operasi rahasia tersukses CIA terhadap Uni Soviet di Indonesia, pengkhianatan agen CIA dan KGB, peran CIA dalam penyanderaan Konsulat Indonesia di Belanda dan pembajakan pesawat Garuda Woyla, pembunuhan agen CIA, kunjungan pertama direktur CIA ke Indonesia, data CIA tentang milisi ISIS dari Indonesia, dan terbongkarnya penyadapan CIA terhadap negara-negara yang menggunakan mesin kode Crypto AG, termasuk Indonesia.

Additional information

Weight 0.4 kg
Dimensions N/A
Ukuran

14 cm x 21 cm

Bentuk

Cetak

Penulis

Hendri F. Isnaeni

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Reviews

There are no reviews yet.

Only logged in customers who have purchased this product may leave a review.