Riwayat Negeri yang Haru – Cerpen KOMPAS Pilihan 1981-1990

Rp99.000

Mungkin hal inilah yang dimaksud dengan “perlawanan dalam diam” di kalangan sastra, yang lantaran tidak dapat bersuara keras secara politis, lalu mengalihkan perhatiannya pada empati publik yang kalah sebagai kontras dari ketenteraman politis dan ideologis yang dipropagandakan pemerintah kala itu. Setiap pengarang seperti memiliki semacam kanopi biru, sebagai safety belt, yang dapat menghindari mereka dari kemungkinankemungkinan represi politik yang bisa terjadi hingga di tingkatan fisik. (Radhar Panca Dahana, negeri haru dan pengarang bertopi biru)

Clear

Description

Dunia fiksi yang umumnya mencuat dalam kumpulan ini lebih banyak digunakan untuk satu melankoli dalam melodrama kehidupan dari sebuah negeri yang haru, negeri biru dengan panorama mengenaskan. Posisi orang kecil dominan dibicarakan sebagai pihak yang
kalah dalam menghadapi kehidupan keras, tantangan modernitas ataupun represi politik dan ekonomi yang menggilas. Hal terakhir ini, tampaknya menjadi sebab hampir seluruh dari ke-55 cerpen ini a-politis dan a-ideologis, dalam arti tiadanya gugatan-gugatan— tersembunyi atau tidak—pada kenyataan politik dan ideologi (Orde Baru pada masa itu) yang sangat menekan.

Additional information

Weight 0.5 kg
Dimensions 21 × 14 cm
ISBN

978-602-412-762-6

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Penulis

Kumpulan Cerpenis

Tanggal Terbit

2019

Ukuran

14 x 21 cm