Ekonomi Sirkuler Solusi Krisis Bumi

Rp109.000

Buku ini menjadi pelengkap tiga buku penulis sebelumnya untuk membentuk sebuah konfigurasi konsep yang utuh tentang krisis Bumi dan upaya mengatasinya. Solusi krisis Bumi dalam buku-buku sebelumnya disadari belum cukup memadai karena belum menyentuh salah satu akar krisis Bumi berupa model ekonomi linear: take-make-waste. Dibutuhkan perubahan radikal untuk beralih ke model ekonomi sirkuler yang lebih ramah lingkungan. Intinya, menerapkan rancangan model produksi dan model bisnis dari hulu penyediaan bahan baku sampai penanganan limbah di konsumen akhir yang menginternalisasi biaya sumber daya alam dan dampak lingkungan hidup dalam perhitungan laba rugi perusahaan. Model ekonomi sirkuler menawarkan model bisnis ramah lingkungan, dengan lebih menekankan fungsionalitas barang konsumsi dan bukan kepemilikan barang konsumsi. Produk ditawarkan sebagai jasa, sewa, atau dipakai bersama, dan bukan untuk dimiliki. Produk digunakan dengan masa pakai yang selama mungkin untuk tidak segera dibuang menjadi sampah. Buku ini menawarkan sebuah solusi yang bukan sekadar berada pada tataran rancangan ekologis yang konseptual filosofis, melainkan membumikannya dalam model produksi dan model bisnis yang menuntut perubahan perilaku produsen dan konsumen dalam berbagai langkah, aktivitas, dan model bisnis yang konkret aplikatif.

Out of stock

Buku ini menjadi pelengkap tiga buku penulis sebelumnya untuk membentuk sebuah konfigurasi konsep yang utuh tentang krisis Bumi dan upaya mengatasinya. Solusi krisis Bumi dalam buku-buku sebelumnya disadari belum cukup memadai karena belum menyentuh salah satu akar krisis Bumi berupa model ekonomi linear: take-make-waste. Dibutuhkan perubahan radikal untuk beralih ke model ekonomi sirkuler yang lebih ramah lingkungan. Intinya, menerapkan rancangan model produksi dan model bisnis dari hulu penyediaan bahan baku sampai penanganan limbah di konsumen akhir yang menginternalisasi biaya sumber daya alam dan dampak lingkungan hidup dalam perhitungan laba rugi perusahaan.

Model ekonomi sirkuler menawarkan model bisnis ramah lingkungan, dengan lebih menekankan fungsionalitas barang konsumsi dan bukan kepemilikan barang konsumsi. Produk ditawarkan sebagai jasa, sewa, atau dipakai bersama, dan bukan untuk dimiliki. Produk digunakan dengan masa pakai yang selama mungkin untuk tidak segera dibuang menjadi sampah. Buku ini menawarkan sebuah solusi yang bukan sekadar berada pada tataran rancangan ekologis yang konseptual filosofis, melainkan membumikannya dalam model produksi dan model bisnis yang menuntut perubahan perilaku produsen dan konsumen dalam berbagai langkah, aktivitas, dan model bisnis yang konkret aplikatif.

Weight 0,5 kg
Dimensions 3 × 15 × 23 cm
Penulis

Penerbit

Penerbit Buku Kompas

Tahun terbit

Halaman

384 halaman

Genre

Bisnis & Ekonomi

Reviews

There are no reviews yet.

Only logged in customers who have purchased this product may leave a review.

SKU: KMN582212926 Categories: , ,